Header Ads

Hypertext Markup Language (HTML)

Hypertext Markup Language atau biasa disingkat HTML adalah merupakan bahasa utama yang digunakan untuk menulis halaman website. Mendesain HTML berarti melakukan suatu tindakan pemrograman. Namun HTML bukanlah sebuah bahasa pemrograman. HTML hanyalah berisi perintah-perintah yang telah terstruktur berupa tag-tag penyusun. Menuliskan tag-tag HTML tidaklah sebatas hanya memasukkan perintah-perintah tertentu agar HTML kita dapat di akses oleh browser. Mendesain HTML adalah adalah sebuah seni tersendiri. Homepage yang merupakan implementasi dari HTML adalah refleksi dari orang yang membuatnya. Untuk itu kita perlu mendesainnya dengan baik agar para pengunjung homepage yang kita buat merasa senang dan bermanfaat.

Dasar-dasar HTML

tag <>
digunakan untuk menuliskan sintak, ada dua jenis, yaitu tag container dan tag biasa.
Tag container adalah tag yang berisi text yang akan ditampilkan setelah tag ditutup. Contoh: <p> text yang ditampilkan </p>.

Tag biasa, contoh <BR> (break). <br > tidak perlu ditutup oleh tag </br>, tapi jika sintak yang digunakan tag container, contoh: <h1>, harus ditutup dengan </h1>.
Tag yang digunakan untuk mengakhiri sintak punya karakter / (slash) sebelum sintaknya, contohnya: <td> </td>
Kita juga dapat mengetik attribut di dalam sebuah tag, contoh: <body bgcolor=”red”> </body>. atau <input type=”text”>.

Akan dilanjutkan di artikel Tag-tag Dasar HTML. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.